This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Jumat, 25 November 2011

Tetaplah Bersukacita

Bersukacita




Filipi 3:4-9
"Sekalipun aku juga ada alasan untuk menaruh percaya pada hal-hal lahiriah. Jika ada orang lain menyangka dapat menaruh percaya pada hal-hal lahiriah, aku lebih lagi"
"Disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi,"
"Tentang kegiatan aku penganiaya jemaat, tentang kebenaran dalam mentaati hukum Taurat aku tidak bercacat."
"Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus." 
"Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus," 
"Dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan."


Kitab Filipi dikenal sebagai "The Book Of Joy" atau "Kitab Sukacita", padahal Rasul Paulus menulis kitab ini ketika ia sedang berada di dalam penjara. Kebanyakan orang yang dipenjara tanpa berbuat kejahatan seperti Rasul Paulus, akan merasa teraniaya, marah, jengkel, dan mempertanyakan dimana letak keadilan, tetapi tidak demikian dengan dia. Rasul Paulus tahu bahwa ketidakadilan yang dialami karena pengenalannya akan Kristus, merupakan sebuah keuntungan. Rasul yang setia ini mengajarkan agar umat Tuhan tetap bersukacita walau dalam penderitaan, lelah melayani, ketika membangun persahabatan, dan saat menerima berkat Tuhan.


Mengapa dibanyak bagian Alkitab mengajarkan kita untuk selalu bersukacita? Menurut penelitian, jika seseorang marah, cemas, takut, tertekan, maka otaknya segera mengeluarkan noradrenalin, yaitu hormon yang sangat beracun. Diantara racun alami, hormon ini menempati urutan ke-2 yang paling berbahaya setelah bisa ular. Racun ini membuat seseorang sakit, cepat tua, bahkan cepat meninggal. Sebaliknya, jika seseorang menghadapi segala sesuatu secara positif maka otaknya akan mengeluarkan hormon betaendorfin. Hormon kebahagiaan ini berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak teteap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas dalam relasi antar manusia, meningkatkan semangat, daya tahan dan kreativitas diri.


Alkitab selalu menekankan kita untuk bersukacita dalam segala keadaan karena Alkitab adalah firman dari Pencipta kita. Pencipta kita tahu bagian mana dari diri kita yang harus dikembangkan dan mana yang harus diminimalisasi. Itulah sebabnya firman Tuhan memerintahkan kita untuk tetap bersukacita. Sukacita yang dimaksudkan disini bukan sekadar berpikir positif, dimana kekuatan pikiran manusia mnejadi ukurannya. Berpikir positif punya batasan, tetapi sukacita didalam Tuhan melebihi batas-batas manusiawi. Dasar sukacita yang alkitabiah ialah: Kita sadar dan yakin akan adanya jaminan yang besar dari Tuhan yang empunya alam semesta. Jaminan ini memampukan kita senantiasa bersukacita menjalani hidup.


Apa masalahnya yang sedang kita hadapi saat ini, yang mencoba mengusir sukacita dari hati dan pikiran kita? Apakah masalah itu lebih besar dari jaminan kemenangan yang dijanjikan Tuhan Yesus? Jika kita menghadapi masalh besar bersama Tuhan Yesus yang luar biasa, tentu kita akan cakap menyelesaikannya. Jangan fokus pada masalah yang besar itu, sambil terus mencari solusi bangunlah hubungan yang karib denganNya. Hubungan yang karib dengan Tuhan Yesus akan membangkitkan sukacita dan antusiasme didalam diri kita.


Bangkit dan peganglah kuat-kuat janji kemenangan yang diberikan Tuhan Yesus, karena didalam Dia pasti ada jalan keluar...!


-AMIN-

Doa
Tuhan, aku akan bangkit untuk meraih kemenangan yang besar. Biarlah Roh KudusMu memampukanku untuk tetap bersukacita. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin

Bukan karena hidup bahagia maka kita bersukacita, tapi karena kita bersukacitalah hidup kita menjadi bahagia.

Sumber: Manna Sorgawi

Rabu, 23 November 2011

10 Fitur Google Chrome

Beberapa dari fitur ini barangkali telah Anda tahu, tapi untuk menggunakannya secara maksimal, Anda perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Belum lagi, sejumlah fitur tersembunyi pasti membuat Anda mengangguk setuju dan kemudian bersegera mencobanya di Google Chrome.

1. Pin Tab


Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup klik kanan pada tab dan tab conversation akan terbuka. Pilih ‘Pin Tab’ sehingga tab yang tengah Anda buka akan ‘terpaku’ dan tidak mungkin tertutup. Hal ini untuk menghindari tab yang tertutup karena mungkin saja Anda tidak sengaja klik close menu. Pekerjaan Anda-pun terselamatkan!

Untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup klik kanan pada tab dan tab conversation akan terbuka. Pilih ‘Pin Tab’ sehingga tab yang tengah Anda buka akan ‘terpaku’ dan tidak mungkin tertutup. Hal ini untuk menghindari tab yang tertutup karena mungkin saja Anda tidak sengaja klik close menu. Pekerjaan Anda-pun terselamatkan!

2. Paste and Go / Paste and Search


Jika Anda copy sebuah URL di browser lain dan ingin menggunakan Chrome untuk membukanya, gunakan saja cara ini. Anda tidak perlu paste (Ctr+V) lalu enter untuk menjalankan URL itu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah klik kanan dan pilih ‘Paste and Go’ maka selain paste URL Chrome juga langsung menuju ke URL tersebut.

3. Drag and Drop Downloads


Tahukah Anda bahwa fitur ini memungkinkan Anda untuk drag files yang telah Anda download menggunakan Chrome ke desktop? Bukan saja file yang telah terdownload namun file apapun di komputer. Dengan kata lain Anda tidak perlu membuka ‘download location’ atau merubah lokasi download itu tiap kali Anda ingin files terdownload di drive/folder berbeda.

4. Resources Page



Cobalah tekan Ctrl+Shift+I di Chrome. Yep, itu untuk memunculkan Recources. Fitur ini sangat berguna bagi Anda khususnya webmaster dan siapa saja yang ingin mengetahui seberapa cepat situs milik Anda load di browser. Seperti yang terlihat di gambar, ada sejumlah opsi yang bisa Anda explore.


5. Task Manager



Setiap tab yang ada di Chrome diperlakukan secara terpisah. Hal ini sangat menguntungkan user karena jika salah satu tab mengalami masalah, maka tab tersebut bisa ditutup dan tab lainnya tetap aman. Dengan kata lain browser crash bisa dihindari. Tiap tab juga dilengkapi dengan built-in task manager untuk mengetahui berapa besar penggunaan memori dan CPU untuk tiap tab. Anda bisa mengaksesnya melalui Tools -> Task Manager atau tekan saja Shift+Esc.

6. Address Bar Untuk Menghitung Cepat


Anda telah tahu address bar pada chrome juga bisa berfungsi sebagai Google Search. Tapi apakah Anda tahu address bar itu juga bisa berfungsi sebagai kalkulator? Tidak semua fungsi kalkulator bisa dilakukan, tapi untuk penghitungan sederhana seperti 12*50 Anda bisa menggunakan Chrome address bar.


7. Drag dan Resize ‘Text Box’ di Webpage



Jika Anda menulis komen (misalnya) yang ada pada text box yang ada di suatu situs, seringkali Anda bermasalah dengan scroll bar. Hal itu terjadi ketika tulisan Anda telah melampaui text box itu. Di Google Chrome, Anda tidak pelu menggeser scroll bar karena Anda bisa membesarkan text box itu dengan cara drag ujung kanan bawah pada text box. Opsi ini tidak ada di browser lain.

8. Pencarian Situs Melalui Address Bar






Jika sebelumnya Anda telah pernah membuka Gopego.com menggunakan Chrome maka untuk selanjutnya, jika Anda ingin mencari konten mengenai Apple (misalnya), And tidak perlu lagi mengetiknya di search box yang ada di Gopego.com. cara kerjanya seperti ini: Anda hanya perlu mengetik beberapa huruf dari Gopego, misal: Gop… lalu tekan tombol TAB di keyboard. Address bar akan berubah menjadi [Search gopego.com:]. Setelah titik dua [:] itu Anda ketikkan saja Apple. Ajaib! Semua konten gopego.com yang mengulas tentang Apple akan ditampilkan di Chrome browser.


9.  About:memory


Dengan mengetik ‘about:memory’ pada address bar Chrome maka browser akan menampilkan detail pemakaian memori dari situs-situs yang tengah Anda buka.

10. Application Shortcuts


Anda bisa menciptakan aplikasi sendiri dari berbagai situs melalui Tools -> Create application shortcuts. Shorcut ini akan menghemat waktu dan memudahkan Anda mengakses situs-situs yang kerap Anda buka.

Sangat menarik bukan fitur-fitur yang ada di Google Chrome? Coba sekarang!

AMD Mengupgrade GPU Pada ATI Radeon HD 5670

Kartu-kartu handal NVIDIA memang kini telah banyak beredar di pasaran. Salah satunya adalah mainstream GPU dan bahkan GeForce GTX 465 yang kabarnya juga telah melalui uji benchmark. Sejauh ini AMD tampaknya juga menyadari kalau kehadiran HD 5970 tidak akan mampu bertahan di pasaran untuk lebih lama lagi. Selain itu, tiba saatnya bagi HD 5670 yang juga kini sedang dipertimbangkan untuk dilakukan upgrade.

Seperti yang selalu terjadi dengan produk-produknya, ATI Radeon HD 5670 tampaknya telah menjadi subyek pembahasan baru-baru ini. Dalam suatu pembahasan pada situs inpai.com.cn, disebutkan kalau prosesor grafis saat ini berkisar pada Redwood 40nm yang akan menggantikan Juniper. Redwood 40nm tersebut kabarnya lebih dikenal sebagai dasar dari HD 5750 dan HD 5770.

Radeon HD 5670 tersebut memiliki prosesor stream 400, GDDR5 VRAM berkapasitas 512MB atau 1GB dan antarmuka memori 128 bit. Model yang diupgrade tersebut akan mempertahankan lebar antarmuka dan pilihan memori yang ada, namun akan memiliki prosesor stream 640 dan akan dapat berfungsi hanya pada kekuatan yang diberikan oleh slot PCI Express. GPU itu sendiri akan beroperasi pada frekuensi 750MHz. Dan sebagai perbandingannya, Juniper memiliki maksimal prosesor stream 800 dan 5770 memerlukan konektor daya PCI Express tambahan.

Pada gambar yang dipublikasikan oleh situs inpai.com.cn,  para AIB partner seperti PowerColor dan Sapphire telah menyelesaikan desain board yang terlihat sangat mirip dengan yang digunakan dalam seri HD 5700. Namun demikian, sayang tidak diketahui persis kapan dan di mana perangkat tersebut akan segera hadir. Dan mengenai harga kartu grafis  512MB sendiri kabarnya dibandrol seharga 90 USD atau sekitar 900 ribu rupiah. Sedangkan harga kartu grafis 1GB dibandrol seharga 110 USD atau sekitar 1,1 juta rupiah.

Motherboard AM3 Terbaru Dengan Chipset NVIDIA

Meskipun hampir lima tahun telah berlalu sejak Nvidia memperkenalkan chipset nForce nya 500-series, dengan socket AM2 untuk prosesor AMD dan LGA Intel 775 motherboard, Gigabyte baru-baru ini mengumumkan peluncuran solusi baru berdasarkan desain yang kompatibel dengan prosesor AM3 terbaru AMD  .  Dukungan ini termasuk prosesor seri Phenom II  dan Athlon  II  , GA-M52LT-D3P juga memungkinkan pengguna untuk menginstal prosesor kinerja tinggi enam-core berdasarkan  Thuban core.
Namun, meskipun mendukung chip paling canggih  dari AMD, daftar spesifikasi lain agak biasa, motherboard ini memiliki tidak kurang dari empat slot PCI, konektor floppy serta port paralel dan serial.

Selain itu, jumlah perangkat penyimpanan SATA terbatas hanya dua, pengguna yang ingin menginstal drive lebih harus bergantung pada konektor IDE yang mendukung ATA-133/100/66/33 dan maksimal 2 perangkat IDE.  Fitur lainnya termasuk empat slot DIMM DDR3, yang mendukung hingga 16GB memori 1666MHz, 4 +1 fase VRM, codec audio definisi tinggi, kapasitor solid Jepang dan Dual-BIOS teknologi.
Pilihan upgrade dari beberapa motherboard lebih lanjut ditingkatkan dengan kehadiran dua slot PCI Express x1.

Pindah ke bagian belakang motherboard GA-M52LT-D3P, ada I / O panel di bagian belakang yang menjadi tempat  sejumlah konektor, termasuk dua PS / 2 port, empat port USB 2.0, audio jack  dan S / PDIF In / Out, dan Ethernet port dengan 8201EL NIC Realtek 10/100 Mbit terintegrasi.

Chipsetnya mendukung fitur RAID 0 +1 dan RAID 5, meskipun keduanya belum diimplementasikan dalam motherboard Gigabyte.
Belum ada rincian tentang ketersediaan dan harga motherboard dari Gigabyte sampai sekarang. 

AMD Radeon Siap Tandingi NVIDIA GeForce GTX 550 i

Banyak orang kini mulai mengalihkan perhatiannya ke kamp AMD yang berbasis di Sunnyvale. Waw, sebenarnya apa yang sedang terjadi di sana? Hm, boleh jadi ini berkaitan dengan berhembusnya desas-desus tentang keberadaan Radeon HD 6790 GPU yang kini sedang dipersiapkan AMD guna menandingi kehadiran GTX 550 Ti sebagai solusi mainstream terbaru besutan Nvidia.
Kartu grafis Radeon HD 6790 GPU ini sendiri seharusnya baru akan muncul setelah GTX 550 Ti di rilis, namun siapa sangka tidak ada yang pasti berkaitan hal itu. Dan sejauh ini hanya ada beberapa situs Jerman (seperti Heise.de dan Hardware Luxx) saja yang membahas tentang pemberitaan ini.
Saat ini kartu grafis AMD HD 6850 dapat dibeli di pasaran seharga 169,99 USD atau sekitar 1,7 juta rupiah. Namun bagi para pengguna yang menginginkan solusi anggaran yang lebih ramah, tentunya akan lebih beralih ke kartu grafis AMD seri 5000 yang lebih tua atau bahkan beralih ke jajaran produk kartu grafis besutan Nvidia.
Walaupun harga GTX 550 Ti besutan Nvidia ini belum dipublikasikan secara resmi, namun banyak pihak yang memperkirakan harga kisarannya berada diantara harga GTX 460 768MB yang harganya 145,99 USD (sekitar 1,5 juta rupiah) dan harga GTS 450 yang harganya 119,99 USD (sekitar 1,2 juta rupiah).
Sementara itu, GeForce GTX 550 Ti sendiri baru akan segera dirilis secara resmi oleh Nvidia pada tanggal 15 Maret 2011 yang akan datang. Kartu grafis terbaru besutan Nvidia tersebut, dilengkapi dengan GF116-400 core yang mengemas 192 CUDA core, 32 unit tekstur, 24 unit ROP dan memori bus yang berkapasitas 192 bit.
GPU clock diset menjadi 900MHz, sedangkan memori GDDR5 1GB berkecepatan 4100 MHz yang mampu menyediakan bandwith sebesar 70% dibanding GTS 450. Di lain pihak, GTX 550 Ti mempunyai TDP yang hanya bertegangan 116W (10W lebih rendah dibandingkan dengan GTS 450). Kartu grafis ini dilengkapi dengan dukungan SLI dua arah, dua dual-link DVI-I port dan sebuah HDMI port mini.
Namun sayangnya, sejauh ini belum terkuak mengenai rincian berkaitan dengan spesifikasi keberadaan Radeon HD 6790 besutan AMD yang sedang dipersiapkan tersebut. Hm, Kita tunggu saja!

NVIDIA GeForce VGA Tercepat Resmi Di Rilis

NVIDIA memperkenalkan kartu grafis GeForce GTX590, yang menurut NVIDIA adalah GPU tercepat di dunia kartu grafis. VGA ini “Didukung oleh dual GPU NVIDIA Fermi dalam satu kartu, GTX 590 ini dirancang untuk penggemar super dan mereka yang ingin membangun PC gaming rig tertinggi.” Anda bisa melihat video resmi dari NVIDIA tentang vga card superb ini.
GeForce GTX590 dilengkapi dengan 1.024 core arsitektur gabungan NVIDIA CUDA dengan clock 1215 MHz processor, 3GB memori GDDR5, 6 miliar transistor dan lebih dari 2.200 komponen individu. Kartu dual-slot 11-inci ini memberikan mesin tessellation 32 yang dapat mendukung DirectX  di resolusi 2560 × 1600  atau di atasnya. Mendukung OpenGL, 3D Visi dan 3D Surround Visi serta PhysX, SLI dan SLI quad.

Ada tiga dual-link DVI-I, Mini DisplayPort, HDMI 1.4a input. Kartu grafis dimulai pada harga US $ 699.

NVIDIA Grey Project 2013 Untuk Windows 8

Saat ini Nvidia seolah menjadi salah satu pihak yang tenang dengan maraknya pasar teknologi, terlebih setelah munculnya windows phone 7. Namun Nvidia seolah-olah tak terpengaruh oleh hal tersebut.
Namun akhir-akhir ini muncul informasi mengenai rencana Nvidia pada 2013 mendatang. Dalam sebuah slide terlihat bahwa Nvidia tengah merencanakan proyek dengan kode grey. Proyek tersebut adalah salah satu upaya Nvidia untuk membuat mobile prosesor hasil penggabungan Tegra dengan Icera.

Dalam slide tersebut, prosesor tersebut akan menggunakan proses manufacturing 28mm dan memiliki kemampuan yang setara dengan generasi selanjutnya dari Qualcomm.
Selain itu dari sumber yang sama juga terdapat informasi mengenai rencana ke depan Nvidia pada platform windows 8. Kemungkinan mereka akan mengeluarkan prosesor untuk mendukung tablet ber-OS windows 8.

AMD Siapkan Chipset 870, CPU Berkecepatan 3.2 GHz Terbaru

 Perusahaan yang mendominasi pasaran DirectX 11 yang berlokasi di California, NVIDIA yang masih menunda peluncuran kartu grafis GTX 470 dan 480 yang berbasis Fermi. Namun demikian, pembuat chip ini memiliki beberapa rencana untuk chipset dan bisnis CPU, sesuai dengan rincian yang baru-baru ini telah muncul di Internet. AMD tampaknya akan menyegarkan tawaran chipsetnya dengan model 870 terbaru, sedangkan di segmen CPU, rencana akan membuat processor terbaru yang akan bekerja pada kecepatan 3,2GHz.
Menurut Fudzilla, AMD berencana untuk memperkenalkan sebuah chipset baru yang akan dirancang skala versi chipset 870FX mendatang. Cukup dijuluki 870, chipset terbaru ini akan dipasangkan dengan beberapa pilihan southbridge arus utama, seperti SB600, SB700, SB710 atau SB750. Sejauh spesifikasi teknisnya, chipset terbaru ini akan menawarkan dukungan untuk soket AM3 dan x16 PCI Express gen 2 slot. Tidak ada grafik utamanya dan chipset TDP akan tetap pada bekerja pada 13W.
Selain chipset baru, AMD juga akan memperkenalkan processor Phenom X4 II 94 terbaru, yang di-clock pada kecepatan 3.2GHz dan ditujukan bagi segmen bisnis. Berkat meningkatkan kecepatan kinerja, CPU terbaru ini akan menyediakan bisnis pengguna dengan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Fitur lain termasuk TPD 95W dan cache 8MB, sejauh Fudzilla hendaki. Proccesor ini akan tersedia mulai kuartal kedua tahun 2010 ini, sebagai pilihan upgrade untuk Phenom II X4 B95 saat ini, berkecepatan 3.0GHz.
Sayangnya, tidak ada kata rincian harga CPU yang akan datang, tapi jelas bahwa AMD ingin memberikan konsumen dengan alternatif yang lebih baik untuk beberapa pilihan terbaru Core i5 dan Core i7, yang tersedia di pasar, dari Intel. Sedangkan untuk chipset 870, kabarnya akan segera hadir pada bulan April 2010 mendatang.

Selasa, 22 November 2011

Angry Bird Halloween


Penasaran dengan karakter baru Angry Birds? Tak perlu lagi, karena Anda bisa melihatnya saat ini juga. Meski beberapa waktu yang lalu Rovio tidak banyak memberikan informasi mengenai burung baru tersebut, namun mereka sempat mengeluarkan sebuah video teaser untuk memancing rasa penasaran.

Karakter burung baru ini dihadirkan untuk merayakan Halloween akhir bulan ini. Mengingat warna orange sangat kental dengan nuansa Halloween, burung baru ini pun memiliki warna yang senada. Rovio tetap menjaga tradisi dengan menawarkan Angry Birds Seasons edisi khusus Halloween dengan memperkenalkan burung baru berwarna orange ini.



Meski terlihat mungil, tapi ukuran tubuh burung orange yang tidak memiliki nama ini dapat membesar beberapa kali. Angry Birds Ham’O'Ween memiliki 30 Halloween themed level. Untuk bisa menikmati pengalaman bersama burung baru ini, Anda harus mendownloadnya....


7 Game Terbaru Yang Akan Segera Dirilis

7.Counter Strike: Global Offensive



Sukague.com - Salah satu sekuel game online Country Strike yang sangat sukses bahkan sejak 12 tahun dirilis, Counter Strike: Global Offensive, bakal mendarat di sistem operasi Windows dan Mac OS X pada pertengahan 2012 mendatang.

Pengembang game first person shooter ini, Valve, memang secara resmi mengumumkan kehadiran game online legendaris tersebut secara offline di OS Windows dan Mac OS X tahun depan. Sebelumnya beberapa game telah dibawa oleh studio pengembang tersebut, seperti Team Fortress 2 dan Portal.

Selain di PC, Counter Strike: GO ini juga akan hadir untuk permainan konsol game seperti PlayStation Network dan Xbox Live Arcade. Counter Strike baru ini akan menampilkan peta baru, karakter dan senjata, serta versi update dari tingkat asli seperti "de_dust." Demikian yang dilansir melalui Apple Insider, Senin (15/8/2011).

Selain itu, game ini hadir dengan memperkenalkan mode gameplay baru, leaderboards dan banyak lagi.

"Counter-Strike hadir dengan memberikan kejutan, karena industri game terkejut ketika MOD tidak mungkin menjadi game PC. Ini menjadi langkah baru bagi game online ini setelah rilis pada Agustus 1999," kata Doug Lombardi, wakil presiden pemasaran di Valve.

"Selama 12 tahun terakhir, terus menjadi salah satu permainan yang paling dimainkan di dunia, game kompetitif dan menjual lebih dari 25 juta unit di waralaba CS:. GO menjanjikan cara bermain di perangkat seperti Mac dan PC," tandasnya.

Sambil menunggu CS:GO untuk diluncurkan pada awal 2012, gamer di Mac bisa mendapatkan Counter-Strike dengan Counter-Strike: Source, tersedia pada dengan harga USD19,99.

6.Far Cry 3



Versi PC untuk FarCry 3 diklaim Ubisoft bakal tampil lebih baik dari versi konsol. Meski tidak signifikan, namun para gamer konsol bisa iri dibuatnya.

Sudah bukan hal baru lagi jika kualitas game PC cenderung lebih baik dari konsol, baik itu Xbox 360 atau PlayStation 3. Perbedaan ini pun diakui Ubisoft, yang mengaku bisa lebih berkreasi ketika ingin membuat game komputer.

"Ada banyak hal yang bisa kami lakukan di platform PC, tapi bukan berarti kami mengesampingkan konsol, kami akan tetap berupaya memaksimalkan seluruh kemampuannya," kata Jamie Keen, Lead Game Designer FarCry 3.

Seri FarCry, diklaim Ubisoft selalu menghadirkan fitur terkini untuk memaksimalkan kinerja PC. Namun untuk konsol, tentunya ada sejumlah perbedaan bisa saja membuat para gamer konsol iri.

"Pasti akan ada perbedaan antara versi konsol dengan PC, tapi kami tetap berupaya agar meminimalis perbedaan tersebut," tambah Keen, Rabu (20/7/2011).

FarCry 3 rencanya akan dirilis serempak untuk Xbox 360, PlayStation 3 dan PC. Selain kualitas gambar yang kian memukau, game ini diklaim Ubisoft juga memiliki dunia 10 kali lebih luas dari seri sebelumnya yang bisa dijelajahi.

5.Bioshock: Infinite


Berbeda dengan seri-seri sebelumnya, yang menghadirkan sebuah petualangan di kota bawah laut, kali ini Bioshock menghadirkan lokasi di sebuah kota di atas awan yang bernama Columbia. Mengambil setting waktu tahun 1912, kira-kira 48 tahun sebelum event yang terjadi pada seri BioShock pertama.

Di sini gamer akan berperan sebagai Booker DeWitt, mantan detektif yang didatangi oleh pria misterius yang memintanya untuk menyelamatkan Elizabeth, yang telah disekap selama 15 tahun. Elizabeth sendiri bukan lah wanita sembarangan, ia adalah gadis yang memiliki kekuatan hebat. Selama petualangannya nanti, gamer akan dibekali kekuatan yang disebut Vigor. Dengan kekuatan ini gamer mampu melakukan hal-hal seperti merebut weapon atau menyetrum musuh.

Gamer juga akan dibantu oleh Elizabeth dengan kekuatan plasmid-nya. Kombinasi antara Vigor dengan kekuatan milik Elizabeth, gamer bisa menghasilkan kekuatan baru yang lebih dahsyat, seperti electrobolt dan telekinesis. Namun, makin sering Elizabeth memakai kekuatannya, hal ini akan membuat nyawanya terkuras.

4.Starcraft 2 : Heart of The Swarm


Dalam seri lanjutan atau ekspansi berikutnya untuk game RTS terbaik saat ini di dunia, StarCraft II, Heart of the Swarm akan fokus pada penambahan sejumlah unit dan penyempurnaan fitur multiplayer dari seri sebelumnya StarCraft II: Wings of Liberty. Secara garis besar, bagian kedua dari epic-trilogy tersebut, bakal lebih menitikberatkan pada ras Zerg dan menampilkan sosok Sarah Kerrigan sebagai tokoh sentral dalam StarCraft: Heart of the Swarm.
Dalam StarCraft II: Heart of the Swarm, kalian berkesempatan menyaksikan secara langsung kekuatan menakjubkan dari sosok Sarah Kerrigan dan berpeluang meningkatkan kemampuan The Swarm hingga tingkatan yang belum pernah kalian bayangkan sebelumnya.
Queen of Her Brood
Sarah Kerrigan akan menjadi playable unit di hampir tiap misi pada StarCraft II: Heart of the Swarm. Saat memainkan peran sebagai mantan Queen of Blades tersebut, kalian memiliki beberapa pilihan yang disebut Battle Focus dan tiap set dibekali dengan berbagai ragam skill unik. Semakin lama kalian bermain, maka sejumlah Battle Focus lainnya akan terbuka, berikut skill-skill baru pula untuk digunakan Kerrigan. Pilihan Battle Focus yang kalian pilih untuk tiap misi akan sangat berpengaruh dan menentukan hasil dari misi yang sedang kalian jalankan.

3.Prototype 2


Tentunya judul Prototype sangat dikenal oleh para gamer sebagai sebuah game open world di mana pemain menggunakan Alex Mercer yang bisa menciptakan huru-hara di Manhattan.
Cerita kali ini mengikuti Sergeant James Heller yang menemukan keluarganya mati dikarenakan kejadian di game pertama. Dipenuhi dengan keinginan untuk membalaskan kematian keluarganya, dia pergi ke Red Zone dan berniat untuk menghabisi Mercer.

Prototype 2 rencananya akan dirilis tahun 2012 nanti untuk PC, PS3 dan Xbox360.

2.Mass Effect 3

Produser serial game Mass Effect, Casey Hudson telah mengumumkan penundaan jadwal rilis dari game ketiganya pada hari ini, mendorong jadwal yang semula ditetapkan untuk musim liburan tahun ini menjadi awal tahun 2012. Pernyataan ini datang melalui halaman Facebook resmi dari Mass Effect.

"Mass Effect 3 akan dirilis dalam tiga bulan pertama 2012," ungkap Hudson lewat Facebook. "Tim pengembang pada saat ini tengah berfokus untuk memastikan Mass Effect 3 dapat menjadi game terbesar sekaligus yang terbaik di serial ini, tentunya demi melampaui ekspektasi para pemain."

Memang tidak mengejutkan halnya apabila sebuah judul besar yang ditunggu-tunggu seperti Mass Effect 3 harus mengalami penundaan lantaran proses perampungan yang perlu dimatangkan. Alasan yang cukup masuk akal, ketimbang rilis yang tepat waktu namun dengan hasil yang di bawah ekspektasi standar para penggemarnya.

1.Halo 4

Pada press conference E3, Microsoft telah mengumumkan Halo 4 untuk Xbox 360 yang akan rilis pada akhir tahun 2012. Judul ini akan akan menjadi major release pertama dari 343 Industries yang merupakan studio internal Microsoft khusus game Halo.

Halo 4 merupakan kelanjutan dari serial Halo yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Bungie. Untuk pertama kalinya semenjak tahun 2010 lalu, Microsoft memakai sebuah studio baru bernama 343 Industries yang akan fokus terhadap pengembangan seri ini. Saat ini 343i mengoperasikan Halo Waypoint, sebuah central hub untuk jonten Halo di Xbox Live. Mereka juga berkoordinasi dengan developer Certain Affinity dalam pengembangan Defiant Map Pack untuk Halo: Reach dan Halo Combat Evolved Anniversary, sebuah remake dari Halo: Combat Evolved menggunakan engine Halo: Reach, yang akan rilis pada November mendatang.

Menurut Presiden Interactive Entertainment Business Microsoft, Don Mattrick, Halo 4 akan menjadi awal baru untuk sebuah trilogy yang baru

Senin, 21 November 2011

Playstation Suite

PlayStation Suite merupakan cross-device game platform. Sony akan memporting games dari Ps 1 ke device Android yang ber-OS 2.3 ke atas. Smartphone atau pun komputer tablet.



Artinya, games PS 1 tidak akan didistribusi secara eksklusif buat PS Phone yang akan dilaunching bulan depan.
PS Suite dijadwalkan rilis akhir tahun ini, sama dengan PSP 2. Hebatnya, user Android bisa membeli games-games resmi di PS Store dan memastikan games itu telah disertifikasi plus dites sebelumnya oleh Sony.

Menurut Sony, user PSP baru—codename ‘Next Generation Portable’—juga dapat mengakses PS Suite.
Beberapa games yang akan diporting ke PS Suite dan Android di antaranya: Wild Arms (game RPG), Cool Boarders 2 (game snowboarding), dan Syphon Filter (action).

Minggu, 20 November 2011

Angry Bird Musim Panas


Lama menunggu kejutan Angry Birds Season? akan segera merilis versi musim panasnya. Petualangan baru ini akan diberi judul “Summer Pignik”. Apakah Anda mengejanya dengan benar? Ya, tidak salah, judulnya memang sengaja ditulis seperti itu, Pignik, bukan picnic. Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi kapan game ini akan diluncurkan, tapi kemungkinan besar dalam beberapa hari ke depan. 

Angry Birds Season “Summer Pignik” akan hadir untuk iPhone, iPad, Android, Mac dan PC, Palm, Symbian dan Nook. Dan sayangnya kemungkinan hanya tersedia di Amazon App Store. Apakah kemungkinan Anda bisa memainkan game burung marah di musim panas ini? Download Saja...

Shot The Bird Tantang Angry Bird


Jenuh dengan permainan melemparkan burung-burung dari ketapel demi menyelamatkan telur mereka dari ancaman babi hijau? Atau mungkin Anda justru tidak menyukai game populer itu dari awal? Well.. mungkin game yang satu ini akan cocok untuk Anda. Shoot the Birds, sebuah game dari Infinite Dreams yang akan memuaskan keinginan Anda untuk memusnahkan burung-burung pengganggu. 

Shoot the Birds menampilkan sesosok makhluk -kalau tidak bisa menyebutnya manusia- berkepala labu. Di sini Anda diharuskan untuk menghabisi burung-burung di angkasa dengan cara memanahnya. Oke.. apakah pendapat ini subyektif atau memang Anda juga merasakan hal yang sama, tampaknya game ini mengisyaratkan pertentangan terhadap Angry Birds :)

Game yang tergolong baru ini memang terlihat sederhana, namun grafik dan animasi yang disajikan terlihat sangat menarik dan eye catching.

Selasa, 15 November 2011

Pengampunan & Kasih Karunia

Lukas 7:42-43

Karena mereka tidak sanggup membayar, maka ia menghapuskan hutang kedua orang itu. Siapakah di antara mereka yang akan terlebih mengasihi dia?" 
Jawab Simon: "Aku kira dia yang paling banyak dihapuskan hutangnya." Kata Yesus kepadanya: "Betul pendapatmu itu." 




Ramon Alvarez ditangkap pada bulan Juli 2010 karena sebuah kejahatan pembunuhan yang dilakukannya 12 tahun yang lalu (Juni 1998). Diberitakan didalam surat kabar Register, 1 Feb 2011 (USA) bahwa ia tidak menunjukan sikap seorang pembunuh karena ia menjalani kehidupan yang baik dengan dua orang anak, seorang pekerja yang keras, seorang pemimpin, dan tenaga sukarela digereja bagi anak-anak muda bermasalah, menjadikan rumahnya sebagai tempat Pemahaman Alkitab dan ia seorang yang setia menghadiri Gereja bersama keluarganya. Bukankah ini kisah yang menyedihkan seolah-olah kita ingin berkata, "Tidakkah kehidupan baru yang dia jalani saat ini dapat dipertimbangkan untuk memaafkan kesalahannya 12 tahun yang lalu?" Ramon telah mengalami kelahiran baru didalam Kristus, namun demikian kehidupan baru ini tidak dapat melepaskan dirinya dari tanggung jawab atas sisi gelap kehidupannya dimasa lalu. Dunia selalu meminta pertanggungjawaban atas semua kesalahan yang kita lakukan.

Marilah kita Bersyukur kisah ini mengingatkan kita kembali akan kebesaran Kasih dan Pengampunan Tuhan, dimana melalui kelahiran baru kita didalam Kristus membuat Tuhan melempar jauh dan melupakan segala pelanggaran dan dosa-dosa kita. Bahkan ia tidak memperlakukan kita setimpal dengan pelanggaran kita. Roma 5:20, "Dimana dosa bertambah banyak disana Kasih karunia menjadi berlimpah-limpah." jika demikian, ini menyatakan bolehkah kita bertekun didalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu? Ayat ini menyatakan sebuah kebenaran Tuhan bahwa tidak ada dosa yang terlalu berat yang tidak dapat diampuni dan tidak ada dosa yang berwarna terlalu pekat yang tidak dapat dijadikan putih oleh Tuhan. Kasih Karunia Tuhan selalu cukup bagi pengampunan segala planggaran dan dosa-dosa kita. Oleh karena itu hendaklah kita menyadari bahwa perpaduan antara Pengampunan dan Kasih Karunia Tuhan seharusnya melahirkan Kasih yang dalam didalam diri kita sehingga kita tidak membiarkan diri kita bertekun lagi didalam dosa. Seperti sebuah pertanyaan yang disampaikan Yesus kepada Simon Petrus, "Siapakah diantara mereka (yang berhutang 500 dinar dan 50 dinar) yang akan terlebih mengasihi dia (yang menghapuskan hutang)?" Kita pun pasti akan menjawab hal yang sama dengan Petrus bahwa yang berhutang jauh lebih banyaklah yang akan sangat bersyukur dan mengasihi dia lebih sungguh.


Marilah kita menempatkan diri kita pada posisi yang berhutang 500 dinar kepada Tuhan dan bukan 50 dinar, sehingga kita selalu  menghargai Kasih Pengampunan Tuhan. Kita tidak lagi mengulang segala pelanggaran ditahun-tahun yang lalu, tetapi memijakkan kaki pada rel yang akan membawa kita terus bertambah mengasihi Tuhan. Karena Kasih kepada Tuhan menghindarkan kita dari semua kejahatan, sebaliknya Kasih yang dingin adalah pangkal semua pelanggaran. Jadikanlahpengampuna Tuhan melahirkan keKristenan yang hidup.   -AMIN-


Doa: Terima kasih Tuhan buat anugerahMu dengan mengampuni segala dosa-dosaku. Biarlah pengampunanMu itu membuatku semakin mengasihiMu. Dalam nama Yesus. Amin

Pengampunan dari Tuhan bukan alasan untuk melakukan dosa tetapi untuk mengasihiNya dengan segenap hati
Sumber : Manna Sorgawi November 2011

Minggu, 06 November 2011

BUS-BUS Sistem

System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.

Sebuah komputer memiliki beberapa bus, agar dapat berjalan. Banyaknya bus yang terdapat dalam sistem, tergantung dari arsitektur sistem komputer yang digunakan. Sebagai contoh, sebuah komputer PC dengan prosesor umumnya Intel Pentium 4 memiliki bus prosesor (Front-side Bar), bus AGP, bus PCI, bus USB, bus ISA (yang digunakan oleh keyboard dan mouse), dan bus-bus lainnya.
Bus disusun secara hierarkis, karena setiap bus yang memiliki kecepatan rendah akan dihubungkan dengan bus yang memiliki kecepatan tinggi. Setiap perangkat di dalam sistem juga dihubungkan ke salah satu bus yang ada. Sebagai contoh, kartu grafis AGP akan dihubungkan ke bus AGP. Beberapa perangkat lainnya (utamanya chipset atau kontrolir) akan bertindak sebagai jembatan antara bus-bus yang berbeda. Sebagai contoh, sebuah kontrolir bus SCSI dapat mengubah sebuah bus menjadi bus SCSI, baik itu bus PCI atau bus PCI express
Berdasar jenis busnya, bus dapat dibedakan menjadi bus yang khusus menyalurkan data tertentu, contohnya paket data saja, atau alamat saja, jenis ini disebut dedicated bus. Namun apabila bus yang dilalui informasi yang berbeda baik data, alamat, dan sinyal kontrol dengan metode multipleks data maka bus ini disebut multiplexed bus. Kekurangan multiplexed bus adalah hanya memerlukan saluran sedikit sehingga menghemat tempat tapi kecepatan transfer data menurun dan diperlukan mekanisme yang komplek untuk mengurai data yang telah dimultipleks. Sedangkan untuk dedicated bus merupakan kebalikan dari multipexed bus.
Beberapa bus utama dalam sistem komputer modern adalah sebagai berikut:
  • Bus prosesor. Bus ini merupakan bus tercepat dalam sistem dan menjadi bus inti dalam chipset dan motherboard. Bus ini utamanya digunakan oleh prosesor untuk meneruskan informasi dari prosesor ke cache atau memori utama ke chipset kontrolir memori (Northbridge, MCH, atau SPP). Bus ini juga terbagi atas beberapa macam, yakni Front-Side Bus, HyperTransport Bus dan beberapa bus lainnya. Sistem komputer selain Intel x86 mungkin memiliki bus-nya sendiri-sendiri. Bus ini berjalan pada kecepatan 100 MHz, 133 MHz, 200 MHz, 266 MHz, 400 MHz, 533 MHz, 800 MHz, 1000 MHz atau 1066 MHz. Umumnya, bus ini memiliki lebar lajur 64-bit, sehingga setiap detaknya ia mampu mentransfer 8 byte.
  • Bus AGP (Accelerated Graphic Port). Bus ini merupakan bus yang didesain secara spesifik untuk kartu grafis. Bus ini berjalan pada kecepatan 66 MHz (mode AGP 1x), 133 MHz (mode AGP 2x), atau 533 MHz (mode AGP 8x) pada lebar jalur 32-bit, sehingga bandwidth maksimum yang dapat diraih adalah 2133 MByte/s. Umumnya, bus ini terkoneksi kechipset pengatur memori (Northbridge, Intel Memory Controller Hub, atau NVIDIA nForce SPP). Sebuah sistem hanya dapat menampung satu buah bus AGP. Mulai tahun 2005, saat PCI Express mulai marak digunakan, bus AGP ditinggalkan.
  • Bus PCI (Peripherals Component Interconnect). Bus PCI tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus peripheral. Bus ini memiliki kinerja tinggi untuk sistem I/O berkecepatan tinggi. Bus ini berjalan pada kecepatan 33 MHz dengan lebar lajur 32-bit. Bus ini ditemukan pada hampir semua komputer PC yang beredar, dari mulai prosesor Intel 486 karena memang banyak kartu yang menggunakan bus ini, bahkan hingga saat ini. Bus ini dikontrol oleh chipset pengatur memori (northbridge, Intel MCH) atau Southbridge (Intel ICH, atau NVIDIA nForce MCP).
  • Bus PCI Express (Peripherals Component Interconnect Express)
  • Bus PCI-X (Peripherals Component Interconnect Express)
  • Bus ISA (Industry Standard Architecture)
  • Bus EISA (Extended Industry Standard Architecute)
  • Bus MCA (Micro Channel Architecture)
  • Bus SCSI (Small Computer System Interface]]. Bus ini diperkenalkan oleh Macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan antarmuka standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, harddisk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuran besar
  • Bus USB (Universal Serial Bus). Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom. Bus ini ditujukan bagi perangkat yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer karena tidak akan efisien jika perangkat yang berkecepatan rendah dipasang pada bus berkecepatan tinggi seperti PCI. Keuntungan yang didapat dari bus USB antara lain : tidak harus memasang jumper, tidak harus membuka casing untuk memasang peralatan I/O, hanya satu jenis kabel yang digunakan, dapat mensuplai daya pada peralatan I/O, tidak diperlukan reboot.
  • Bus 1394. Bus yang mempunyai nama FireWire memiliki kecepatan tinggi diatas SCSI dan PCI. Bus 1394 sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan. Bus ini tidak hanya populer perangkat komputer tetapi juga perangkat elektronik seperti kamera digital, VCR, dan televisi.

Kamis, 03 November 2011

Evolusi Dan Kinerja Komputer


‘’EVOLUSI DAN KINERJA KOMPUTER’’

Perkembangan komputer meliputi peningkatan kecepatan processor, penyusutan ukurankomponen, peningkatan ukuran memori dan peningkatan kapasitas serta kecepatan I/O.

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER 
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita begi menjadi 2 bagian yaitu :a. Sebelum tahun 1940. b. Setelah tahun 1940.

a. Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia menggunakan jari untuk mengenali dan membilang nomor satu hingga sepuluh. Selepas itu mereka mulai mengenali nomor-nomor yang lebih besar tetapi masih menggunakan digit-digit dari 0 hingga 9. Ahli-ahli perniagaan dari negeri China, Turki dan Yunani menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1617, John Napier mengemukakan perhitungan logaritma dan menemukan alat yang disebut tulang Napier (Napier’s bones)...Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Blaise Pascalmencipta mesin perhitungan mekanikal pertama pada tahun 1642. Mesin ini beroperasidengan menggerakkan gear pada roda. Pascal juga telah banyak menyumbang ide dalam bidang matematika.Dan awal mula computer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika, mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan, sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebutdapat menyimpan program, dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis, bisa menyelesaikan masalah perhitungan matematika seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dua puluh digit. Setelah bekerja dengan Mesin Differensialselama sepuluh tahun, Babbage tiba – tiba terinspirasi untuk memulai membuat computer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana,  mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentangmesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan jugamembuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, 4 DepartemenPertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalahmenemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus AmerikaSerikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahununtuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebutmemperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungansensus. Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan  persamaan differensial ditahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yangselama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan beratkarena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasilkerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Howard Aikenmemperkenalkan penggunaan mesin elektromakenikal yang disebut dengan nama Mark I pada tahun 1937. Bentuknya besar dan berat serta mengandungi kabel wayer yang panjang. Semua operasi di dalam komputer dijalankan oleh tenaga elektromagnetik. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kitagolongkan ke dalam 4 golongan besar.1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatisoleh motor elektronik 4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuhKomputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuanmanusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarketyang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaanpanggilan dan komunikasi, jaringankomputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.


b. Setelah tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.


1. Komputer  generasi  pertama
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia jugamemerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan  gangguan elektrik di kawasan sekitarnya dan ukuran komputer generasi pertama ini sangat besar. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa computer generasi pertama :


a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), pada tahun 1946 dirancang dandibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan computer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia. ENIAC dibuat di bawah lembaga Army’s Ballistics Research Laboratory (BRL). Sebuah badan yang bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan table lintasan peluru kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukan oleh kurang lebih 200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama. ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi lebih dari 18.000 tabung vakum. Dayalistrik yang dibutuhkan sebesar 140 KW. Kecepatan operasi mencapai 5.000 operasi penambahan per detik. ENIAC masih merupakan mesin desimal, representasi data bilangan dalam bentuk desimal dan arimetiknya dibuat dalam bentuk desimal. Memorinya terdiri atas 20 akumulator, yang masing-masing akumulatornya mampu menampung 10 digit desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas10 buah tabung vakum. Kekurangan utama mesin ini adalah masih manual pemrogramannya, yaitu dengan menyetel switch - switch, memasang dan menanggalkan kabel-kabelnya. ENIAC selesai pada tahun 1946 sejak proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer elektronik. ENIAC digunakan oleh BRL untuk kepentingan perang sampai dengan tahun 1955. Setelah itu, ENIAC tidak lagi digunakan. Komputer generasi ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored programconcept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.

Gambar : ENIAC Computer 
  1. EDVAC Computer.Von Neumann mencetuskan ide mengenai konsep stored-program (program penyimpanan) sebagai pengembangan dari ENIAC. Idenya tersebut dipublikasikan dalam bentuk proposal pada tahun 1945 dengan nama EDVAC (Electronic DiscreteVariable Computer). Pada tahun 1946 Von Neumann bersama koleganya mulai mendesain komputer baru dengan konsep program penyimpanan, dimana kemudian dikenal dengan sebutan computer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies) karena dikembangkan diComputer of Institute for Advanced Studies.Pada tahun 1952 IAS computer meskipun belum lengkap namun sudah memenuhi kegunaannya sebagai komputer yang berbasis konsep stored-program.
Gambar : EDVAC Computer
Secara umum, struktur dari komputer IAS adalah sebagai berikut:1. Memori utama, untuk menyimpan data dan intruksi.2. Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner 3. Control Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi - instruksi di dalam memorisehingga adanya eksekusi instruksi tersebut4. I/0, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.

 Struktur IAS Computer

Secara detail IAS computer memiliki 1000 lokasi penyimpanan x 40 bit words, dengan rincian:
Binary number 
2 x 20 bit instructions Format Memory IAS



Struktur dari IAS secara detail adalah :


ALU – IAS

Memory Buffer Register (MBR), berisi sebuah word yang akan disimpan didalam memori atau digunakan untuk menerima word dari memori.
Memory Address Register (MAR), untuk menentukan alamat word di memoriuntuk dituliskan dari MBR atau dibaca oleh MBR.
Instruction Register (IR), berisi instruksi 8 bit kode operasi yang akan dieksekusi.
Instruction Buffer Register (IBR), digunakan untuk penyimpanan sementarainstruks i sebelah kanan word di dalam memori.
Program Counter (PC), berisi alamat pasangan instruksi berikutnya yang akandiambil dari memori.
Accumulator (AC) dan Multiplier Quotient (MQ), digunakan untuk penyimpanansementar operand dan hasil ALU. Misalnya, hasil perkalian 2 buah bilangan 40 bit adalah sebuah bilangan 80 bit; 40 bit yang paling berarti (most significant bi ) disimpan dalam AC dan 40 bit lainnya (least significant bit) disimpan dalam MQ.
IAS beroperasi secara berulang membentuk siklus instruksi. Komputer IASmemiliki 21 instruksi, yang     dapat dikelompokkan seperti berikut ini :
Data tranfer, memindahkan data di antara memori dengan register-  register ALU atau antara dua register ALU sendiri.
Unconditional branch, perintah- perintah eksekusi percabangan tanpa syarat tertentu.
Conditional branch, perintah- perintah eksekusi percabangan yang memerlukan syarat tertentu agar dihasilkan suatu nilai dari percabangan tersebut.
Arithmetic, kumpulan operasi – operasi yang dibentuk oleh ALU.
Address Modify, instruksi- instruksi yang memungkinkan pengubahan alamat saat dikomputasi sehingga memungkinkan fleksibilitas alamat yang tinggi pada program. Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi didalam perancangan computer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC 6c.

c.      EDSAC COMPUTER EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaanraksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
Gambar : EDSAC Computer

d. Komputer Komersial (Commersial Computer)
Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industri komputer dengan munculnya  2 buah perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan IBM. Tahun 1947,Eckert dan Mauchly mendirikan Eckert Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan adalah UNIVAC I (Universal Automatic Computer).UNIVAC I menjadi tulang punggung penghitungan sensus tahun 1950 di USA. UNIVAC II yang memiliki kapasita  memori lebih besar dan kinerja yang lebih baik diluncurkan tahun 1950.Mulai saat itu perusahaan telah mengembangkan produk – produk baru yang kompatibeldengan produk sebelumnya sehingga pangsa pasar konsumen mereka tetap terjaga menggunakan produknya. IBM pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk mereka yang akhirnya mendominasi pangsa pasar bisnis saat ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.


Gambar : UNIVAC

2.Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1947, Transistor ditemukan di Lab. Bell oleh William Shockley . Penemuantransistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabungvakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurangdrastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lainyang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energidibanding para pendahulunya.Dimana transistor memiliki spesifikasi sebagai berikut:
Lebih kecil
Lebih ringan
Disipasi daya lebih rendah
Solid State device
Terbuat dari silikon Silicon (Sand)Yang termasuk dalam komputer generasi kedua antara lain:a.IBM7094IBM 7094 memiliki konfigurasi sebagai berikut:


IBM 7094 dibuat dengan tujuan kemampuannya semakin meningkat, kapasitasnya semakin besar, dan biayanya semakin kecil. DEC PDP 1 Digital  Equipment  Corporation  (DEC) tahun 1957 meluncurkan komputer pertamanya yaitu PDP 1.


3. Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internalkomputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecilyang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya,komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.Kemajuan computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbedasecara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.MICROELECTRONICSMicroelectronics merupakan benar -benar “ small electronics”  yang dapat dibuat dengan semikonduktor. Contoh: 


1. silicon wafer (wafer silikon). Microelec-tronics lebih dikenaldengan nama chip.MOORE’S LAW
Kepadatan komponen dalam sebuah chip meningkat
Gordon Moore - cofounder of Intel
Jumlah transistor dalam chip menjadi dua kali lipat tiap tahun
Sejak 1970 perkembangan agak lambat
Jumlah transitor menjadi 2 kali dalam sebuah chip berkembang tiap 18 bulan
Harga dari chip rata-rata tetap / tidak berubah
Higher packing density berarti jalur elektronik lebih pendek, kemampuan makin meningkat
Ukuran yang mengecil meningkatkan flexebilitas
Mengurangi daya dan membutuhkan pendinginan
Beberapa Interkoneksi meningkatka nreliabilitasYang termasuk dalam computer generasi ketiga antara lain:1. IBM 360IBM 360 diluncurkan pada tahun 1964 dan memiliki spesifikasi sebagai berikut:
Set Instruksi Mirip atau Identik, dalam kelompok komputer ini berbagai modelyang dikeluarkan menggunakan set instruksi yang sama sehingga mendukung 4 kompabilitas sistem maupun perangkat kerasnya.
Sistem Operasi Mirip atau Identik, ini merupakan feature yang menguntungkankonsumen sehingga apabila kebutuhan menuntut penggantian komputer tidak kesulitan dalam sistem operasinya karena sama.
Kecepatan yang meningkat, model – model yang ditawarkan mulai dari kecepatan rendah sampai kecepatan  tinggi untuk penggunaan yang dapat  disesuaikan konsumen sendiri.
Ukuran Memori yang lebih besar, semakin tinggi modelnya akan diperolehsemakin besar memori yang digunakan.
Harga yang meningkat, semakin tinggi modelnya maka harganya semakin mahal


2. DEC PDP-8PDP-8 diluncurkan pada tahun 1964 dan memiliki spesifikasi sebagai berikut:
Minicomputer pertama kali (setelah miniskirt)
Tidak memerlukan air conditioned room
Embedded applications & OEM
Arsitektur PDP-8 sangat berbeda dengan IBM terutama bagian sistem bus. Padakomputer ini menggunakan omnibus system
Sistem ini terdiri atas 96 buah lintasan sinyal yang terpisah, yang digunakan untuk membawa sinyal – sinyal kontrol, alamat maupun data
Arsitektur bus seperti PDP-8 ini nantinya digunakan oleh komputer – komputer modern.

Gambar : Komputer DEC PDP-8


4. Komputer Generasi Keempat 
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dankomponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponendalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuankomponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponendalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya hargadan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalankomputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC denganmeletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dankendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapatdiproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dnmobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yangdemikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan- perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk computer mereka kemasyarakat umum. Komputer- komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer  pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, videogame seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebihcanggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan PersonalComputer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakanmelonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahunkemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yanglebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada10 komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium,Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satudengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk  membentuk  kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan inidapat berkembang menjadi sangat besar. Pada komputer generasi ini sudah memanfaatkan mikroprocessors.
PERKEMBANGAN MICROPROCESSOR 
1971 – 4004
Microprocessor pertama
Semua komponen CPU adalah single chip
4bit
Diikuti dengan munculnya 8008 tahun 1972
8bit
1974 – 8080
Intel adalah mikroprosessor dengan kegunaan umum

5. Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalahkemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan system yang mampu mengkoordinasikan banyak CPUuntuk  bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yangmemungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepatkecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) jugadibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelimaini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

PERANCANGAN KINERJA
Kinerja sebuah sistem komputer merupakan hasil proses dari seluruh komponenkomputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori sekunder, bus, peripheral. Darisegi perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua sistem komputer saat ini meliputi :
•Pengolahan citra
•Pengenalan voice atau pembicaraan
•Video conference
•Mulitimedia
•Transfer dataYang menakjubkan lagi adalah dari sudut pandang organisasi dan  arsitektur komputer saat ini adalah mirip dengan komputer IAS yang dibuat sekitar 50 tahun lalu, namun perkembangan dan kecanggihannya dapat kita rasakan sekarang ini. Peningkatan kinerja mikroprosesor ini terus berlanjut tidak kenal henti dengan berbagai teknik yang telah di kembangkan, diantaranya :
•Branch Prediction, teknik dimana prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahuludi dalam software dan melakukan prediksi percabangan atau kelompok instruksi yang akan dieksekusi berikutnya.
Data Flow Analysis, prosesor akan menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantungm pada hasil atau data lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimumdalam eksekusi.
Speculative Execution, dengan modal prediksi cabang dan analisis data, maka prosesor dapat melakukan eksekusi spekulatif terlebih dahulu sebelum waktunya. Perkembangan mikroprosesor, dilihat dari kapasitas operasi dan kecepatannya sangatlah pesat. Perkembangan mikroprosesor ini sulit diimbangi oleh komponen lainnya semisalmemori. Hal ini menimbulkan masalah kesenjangan dan kurang sinkronnya operasiantar komponen. Organisasi dan arsitektur komputer yang handal sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan seperti ini. Terdapat beberapa metode untuk mengatasi masalah perbedaan kecepatan operasi antaramikroprosesor dengan komponen lainnya, diantaranya :
Meningkatkan jumlah bit yang dicari pada suatu saat tertentu dengan melebarkan DRAM dan melebarkan lintasa sistem busnya.
•Mengubah  antarmuka DRAM sehingga lebih efisien dengan menggunakan teknik cache atau pola buffer lainnya pada keping DRAM.
Meningkatkan bandwidth interkoneksi prosesor dan memori dengan penggunakanhierarki bus – bus yang lebih cepat untuk buffering dan membuat struktur aliran data.Bidang lain yang menjadi fokus kajian peningkatan kinerja sistem komputer adalah penanganan perangkat – perangkat I/O. Masalah yang terjadi hampir sama denganmemori. Teknik penyelesaian yang digunakan umumnya adalah teknik buffering dan caching. Target yang ingin dicapai dalam peningkatan kinerja adalah tercapainya keseimbangan proses operasi antar komponen – komponen penyusun computer sehingga menghasilkan kinerja computer yang tinggi.

Contoh Evolusi Komputer
Evolusi komputer yang akan dijelaskan adalah kelompok komputer Pentium Intel dan Power PC. Alasannya adalah komputer Pentium Intel mampu mendominasi pasaran dan secara teknologi menggunakan rancangan CISC (complex instruction set computers)dalam arsitekturnya. Sedangkan PowerPC merupakan kelompok komputer yang menerapkanteknologi RISC (reduced instruction set computers). Detail tentang CISC dan RISC akan dijelaskan dalam matakuliah Arsitektur CPU.


Pentium
Pentium merupakan produk Intel yang mampu mendominasi pasaran prosesor hingga saatini. Generasi demi generasi diluncurkan ke pasaran dengan kenaikan unjuk kerja yangmenakjubkan dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Berikut evolusi prosesor keluaranIntel dari prosesor sederhana sampai prosesor keluaran saat ini:
8080, keluar tahun 1972 merupakan mikroprosesor pertama keluaran Intel dengan mesin 8 bit dan bus data ke memori juga 8 bit. Jumlah instruksinya 66 instruksi dengan kemampuan pengalamatan 16KB.
8086, dikenalkan tahun 1974 adalah mikroprosesor 16 bit dengan teknologi cache instruksi. Jumlah instruksi mencapai 111 dan kemampuan pengalamatan kememori 64KB.
80286, keluar tahun 1982 merupakan pengembangan dari 8086, kemampuan pengalamatan mencapai 1MB dengan 133 instruksi.
80386, keluar tahun 1985 dengan mesin 32 bit. Sudah mendukung sistem multitasking. Dengan mesin 32 bitnya, produk ini mampu menjadi terunggul pada masaitu.
•80486, dikenalkan tahun 1989. Kemajuannya pada teknologi cache memori dan pipelining instruksi. Sudah dilengkapi dengan math co-processor.
Pentium, dikeluarkan tahun 1993, menggunakan teknologi superscalar sehinggamemungkinkan eksekusi instruksi secara paralel.
Pentium Pro, keluar tahun 1995. Kemajuannya pada peningkatan organisasisuperscalar untuk proses paralel, ditemukan sistem prediksi cabang, analisa aliran datadan sistem cache memori yang makin canggih.
•Pentium II, keluar sekitar tahun 1997 dengan teknologi MMX sehingga mampu menangani kebutuhan multimedia. Mulai Pentium II telah menggunakan teknologi RISC.
•Pentium III, terdapat kemampuan instruksi floating point untuk menangani grafis 3D.
•Pentium IV, kemampuan floating point dan multimedia semakin canggih.
Itanium, memiliki kemampuan 2 unit floating point, 4 unit integer, 3 unit pencabangan, internet streaming, 128 interger register.

PowerPC
Proyek sistem RISC diawali tahun 1975 oleh IBM pada komputer muni seri 801. Seri pertamaini hanyalah prototipe, seri komersialnya adalah PC RT yang dikenalkan tahun 1986. Tahu n 1990 IBM mengeluarkan generasi berikutnya yaitu IBM RISC System/6000 yang merupakan mesin RISC superskalar workstation. Setelah ini arsitektur IBM lebih dikenalsebagai arsitektur POWER.IBM menjalin kerja sama dengan Motorola menghasilkan mikroprosesor seri 6800,kemudian Apple menggunakan keping Motorola dalam Macintoshnya. Saat ini terdapat4 kelompok PowerPC, yaitu :
601, adalah mesin 32 bit merupakan produksi masal arsitektur PowerPC untuk lebih dikenal masyarakat.
•603, merupakan komputer desktop dan komputer portabel. Kelompok ini sama denganseri 601 namun lebih murah untuk keperluan efisien.
•604, seri komputer PowerPC untuk kegunaan komputer low-end server dan komputer desktop.
•620, ditujukan untuk penggunaan high-end server. Mesin dengan arsitektur 64 bit.
•740/750, seri dengan cache L2.
•G4, seperti seri 750 tetapi lebih cepat dan menggunakan 8 instruksi paralel.

Referensi :

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More